Senin, 01 Desember 2014

“KENALI KANKER & TERAPI HERBALNYA”

Retno Pamungkas, S.Farm. (148115049); Stien Dwiny, S.Farm. (148115059)


APA ITU KANKER ?
          Kanker bukan hal yang asing lagi ditelinga kita, sudah banyak informasi terkait kanker yang dapat diakses namun seringkali kita mengabaikannya. Penting kita ketahui bahwa kanker merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia, oleh karena itu kita perlu mengenali kanker lebih mendalam. Kanker disebabkan oleh perubahan informasi genetik sel atau mutasi gen. Akibat mutasi gen tersebut menyebabkan ketidakseimbangan pembelahan dan kematian sel kanker, sehingga pertumbuhan sel kanker tidak terkendali.


APA SAJA JENIS-JENIS KANKER ?
Saat ini ada banyak jenis-jenis kanker yang sudah kita ketahui antara lain kanker payudara, kanker leher rahim, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker kolon dan rektal, kanker ginjal, kanker hati, kanker otak, kanker leukemia dan lain-lain.

APA ITU METASTASIS ?
Metastasis kanker merupakan kemampuan kanker untuk membentuk kanker baru yang jauh dari tempat awal kanker muncul pertama kali. Sel kanker berpindah melewati pembuluh darah atau sistem getah bening (yang berisi kumpulan pembuluh yang membawa cairan dan sel-sel sistem kekebalan tubuh). Contohnya kanker payudara dapat menyebar ke tulang, hati, paru-paru, dan otak. Proses metastasis ini menunjukkan keganasan sel kanker karena sel kanker yang sudah menyebar sangat sulit diobati.

APA SAJA GEJALA-GEJALA KANKER ?
-       W = Waktu buang air besar mengalami perubahan yang terjadi lebih dari 6 minggu.
-       A = Alat pencernaan terganggu dan susah menelan.
-       S = Suara serak dan batuk yang terjadi lebih dari 3 minggu.
-       P = Payudara atau di bagian tubuh lain muncul benjolan.
-       A = Adanya perubahan pada kulit atau tahi lalat (seperti gatal, pendarahan atau perubahan
           bentuk atau warna).
-       D = Darah yang keluar tidak wajar dari vagina maupun payudara, dan darah yang terdapat  
dalam urin, muntah maupun dahak ketika batuk.
-       A = Adanya penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya, dan terjadi 
      secara signifikan (>5 kg dalam beberapa bulan).
Gejala-gejala tersebut tidak pasti terjadi pada setiap penderita kanker, sehingga untuk mewaspadai kanker yang muncul sebaiknya kita memeriksakan diri ke dokter. Semakin dini kanker terdeteksi, maka akan semakin mudah proses penyembuhannya.

BAGAIMANA CARA KITA MENCEGAH KANKER ?
Ada 8 langkah yang harus kamu lakukan agar kamu terhindar dari kanker :
1. Tidak merokok dan hindarilah asap rokok.
2. Lindungi kulitmu dari sinar UV.
3. Konsumsi makanan sehat.
4. Hindari stres.
5. Jaga berat badan ideal dan lakukanlah olahraga teratur.
6. Lakukan seks secara aman dan hindari seks bebas.
7. Lakukanlah vaksinasi (vaksin HPV & hepatitis).
8. Ketahui riwayat penyakit keluargamu dan lakukan skrining kanker secara berkala.

TERAPI HERBAL KANKER
              Kanker secara medis diobati dengan kemoterapi, radiasi, pembedahan, terapi antibodi monoclonal dan terapi hormon. Pengobatan secara herbal dapat dimanfaatkan sebagai pencegahan atau tambahan dari pengobatan medis. Apabila terapi herbal digunakan sebagai tambahan dari pengobatan medis, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan apoteker atau dokter untuk menghindari terjadinya interaksi dengan obat-obatan kanker.
1. Sambiloto (Androggraphis paniculata Ness.) memiliki kandungan kimia andrografolida bermanfaat untuk menghambat keracunan pada hati dan antiradang. Cara pembuatan ramuannya dengan mengambil 10-15 gram daun sambiloto kering kemudian direbus dengan air sebanyak 2 gelas hingga tersisa 1 gelas. Ramuan tersebut diminum sekaligus 1 kali sehari.


2. Kunir putih (Curcuma alba Linn.) memiliki kandungan kimia curcumin yang bermanfaat sebagai antitumor dan antiradang. Senyawa saponin berkhasiat sebagai antikanker dan senyawa polifenol berfungsi sebagai antioksidan. Ramuan kunir putih sudah banyak tersedia dalam bentuk kemasan instan siap seduh dan konsumsi, tersedia pula dalam bentuk kapsul, sirup dan manisan.

 
3. Sarang semut (Myrmecodia pendans) memiliki kandungan kimia senyawa tokoferol berfungsi sebagai antioksidan dan antikanker dengan cara menangkal radikal bebas. Cara pembuatan ramuannya dapat dengan direbus dan diminum langsung atau mengkonsumsi ekstrak sarang semut dalam bentuk kapsul, 3 x sehari, 2-3 kapsul.  

 4. Keladi Tikus (Typhonium flagelliforme Lodd.) memiliki kandungan kimia alkaloid, triterpenoid dan lignan menunjukkan sifat membunuh atau menghambat pertumbuhan sel kanker, menghilangkan efek buruk kemoterapi serta sebagai antivirus dan antibakteri. Cara penggunaannya yaitu serbuk keladi tikus tersebut direbus dengan air hingga tinggal satu gelas, diminum 3 x sehari satu gelas.
 

5. Sirsak (Annona muricata L.) memiliki kandungan kimia annonacin yang dapat membunuh sel-sel kanker dan menurunkan perkembangan sel-sel tumor. Cara pembuatan ramuannya dengan merebus daun sirsak dengan 1 liter air hingga tersisa 400 ml, diminum 2 x sehari pagi dan sore, masing-masing sebanyak 200 ml.


DAFTAR PUSTAKA

Alison, M.R., 2001, Cancer, Encyclopedia of Life Sciences, pp. 1-8.
Depatemen Kesehatan, 2014, Lawan Kanker dengan Pengobatan Tradisional, www.gizikia.depkes.go.id/artikel/4442/?print=pdf, diakses pada tanggal 26 November 2014.
Hanahan, D., and Weinberg, R.A., 2000, Drug Inhibition of Angiogenesis, Current Opinion in Pharmacology, 2(4), 403-414.
Mclaughlin, J.L., 2008, Paw-paw and Cancer Anonaceous Acetogenin from Discovery to Comercial Product, Journal of Natural Product, 71(7), 1311-1321.
Macmilan, 2012, Signs and Symptoms of Cancer, http://www.macmillan.org.uk/Cancerinformation/Aboutcancer/Signssymptoms.aspx, diakses pada tanggal 25 November 2014.
Sarmoko dan Cahyani, F.M., 2014, Keladi Tikus (Typhonium flagelliforme (Lood) BI), http://ccrc.farmasi.ugm.ac.id/?page_id=2356, diakses pada tanggal 27 November 2014.
Sunarto, 1999, Onkologi, panitia Kanker RSUP DR Sardjito, Yogyakarta.
Mangan, Y., 2009, Solusi Sehat Mencegah & Mengatasi Kanker, Agromedia Pustaka, Jakarta, hal.38-41, 46-47.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar