Kamis, 27 November 2014

BIANG KERINGAT

Agnes Kurnia Hana P., S.Farm 148115003
Giovanna Martina A., S.Farm   148115026

A.     APA ITU BIANG KERINGAT?
Biang keringat adalah gangguan pada kulit berupa ruam kemerahan yang terasa gatal. Biang keringat sering terjadi pada anak-anak, walaupun tidak sedikit orang dewasa yang mengalaminya terutama saat cuaca panas dan lembab. Biang keringat juga dapat terjadi pada pasien yang lama berbaring di rumah sakit misalnya pasien stroke atau pasca operasi besar (Djunarko dan Hendrawati, 2011; Knott, 2010).

B.     PENGGOLONGAN BIANG KERINGAT
Biang keringat atau miliaria digolongkan menjadi tiga berdasarkan tingkat penyumbatan saluran keringat antara lain :
  1. Miliaria crystallina: disebut juga miliaria sudamina. Hal ini terjadi saat penyumbatan saluran keringat dekat dengan permukaan kulit/stratum corneum. Ruam biasanya berbentuk sangat kecil, bintik jelas yang muncul dalam bentuk kumpulan. bintik-bintik tersebut akan hilang dalam beberapa jam atau hari dan merupakan bentuk yang paling tidak gatal atau bahkan tidak gatal sama sekali (Knott, 2010)
    Miliaria crystallina (Levin, et al, 201)
  2. Miliaria rubra: Jenis ini merupakan jenis yang paling umum dan sebagian besar orang mengidentifikasinya sebagai biang keringat. Penyebabnya adalah sumbatan saluran keringat pada bagian lebih dalam dari epidermis. Kumpulan bintik-bintik merah tidak rata berkembang. Jenis ini dapat sangat gatal, kulit yang terkena berwarna merah, dan ruam biasa terjadi saat iklim panas serta hilang ketika berhenti berkeringat. Apabila keringat tidak dapat diekskresikan maka dimungkinkan terjadinya demam karena keseimbangan (homeostasis) suhu tubuh terganggu (Knott, 2010).
    Miliaria rubra pada dewasa (Levin, et al, 2012)
  3. Miliaria profunda: Jenis ini sangat jarang terjadi. Penyebabnya adalah penyumbatan saluran keringat pada lapisan dermis (lapisan tengah kulit) atau dermal-epidermal. Ini terjadi pada orang yang tinggal pada iklim panas atau yang mengalami miliaria rubra berulang-ulang. Gumpalan besar berkembang pada kulit ketika berkeringat, warnanya cenderung lebih pudar seperti daging karena terjadi di tengah kulit. Gatal cenderung ringan namun memiliki risiko demam apabila banyak permukaan kulit yang terpengaruh (Knott, 2010).
    Miliaria profunda (Greer, 2009)
C.     TANDA DAN GEJALA BIANG KERINGAT
Tanda-tanda yang dapat diamati saat biang keringat yakni adanya bintil-bintil halus kemerahan, terutama pada daerah-daerah lipatan tubuh seperti leher, lipat tangan, lipat siku, di bawah payudara (pada wanita), lipatan paha, lipatan kulit kaki (bayi), dan lipatan lutut. Gejala yang sering timbul seperti gatal, rasa terbakar dan perih. Apabila dalam 3-10 hari tidak kunjung membaik maka dapat terjadi komplikasi seperti infeksi dan dermatitis. Namun, komplikasi ini sangat jarang terjadi (Direktorat Bina Farmasi Komunitas dan Klinik, 2006; Levin, et al, 2012).
Tanda kulit terkena biang keringat (Levin, et al, 2012)
D.     ETIOLOGI/PENYEBAB BIANG KERINGAT
Biang keringat disebabkan karena adanya sumbatan pada pori-pori saluran keluarnya keringat sehingga keringat merembes pada pori kulit terdekat dan mengakibatkan inflamasi/peradangan. Biang keringat berhubungan erat dengan cuaca yang sangat panas, lembab atau dapat terjadi selama penyakit yang menyebabkan berkeringat. Biang keringat juga diakibatkan dari ketidakmampuan kulit untuk “bernafas” (berinteraksi dengan udara) karena pakaian yang terlalu ketat atau tebal seperti kulit dan polyester (Levin, et al, 2012).
Sumbatan pada biang keringat ini dapat disebabkan oleh debu ataupun daki. Saat tubuh banyak berkeringat, misalnya saat cuaca panas atau setelah demam, adanya sumbatan tadi akan membuat keringat tertahan di bawah kulit, kemudian membentuk tonjolan-tonjolan kecil berwarna merah karena terjadi peradangan (Djunarko dan Hendrawati, 2011).

E.     PATOFISIOLOGI/MEKANISME TERJADINYA BIANG KERINGAT
Pori-pori pada kelenjar keringat tersumbat pada biang keringat. Ketidakmampuan sekresi keringat dan keluarnya keringat dari pori menyebabkan dilatasi/pelebaran dan rupture/kerusakan pada lapisan epidermal pori keringat. Keadaan ini menyebabkan inflamasi akut pada lapisan dermis yang menimbulkan rasa perih, terbakar atau gatal (Levin, et al, 2012).

F.     PENATALAKSANAAN BIANG KERINGAT
Tujuan terapi pada biang keringat yakni menghilangkan penyebab biang keringat, mengatasi dan meringankan gejala biang keringat. Terapi non-farmakologis meliputi mengurangi keringat, berada di tempat sejuk, menggunakan pakaian yang longgar, berwarna cerah, dan tipis untuk melancarkan sirkulasi udara. Pada anak-anak sering mengganti popok dan menggunakan sabun antiseptik ringan untuk mengurangi ketidaknyamanan biang keringat (Padron, 2006).
Jika seseorang mengalami biang keringat, hal-hal yang dapat dilakukan yaitu :
v Mengurangi pembentukan keringat berlebih dengan cara menghindari cuaca yang terlalu panas.
v Menjaga kulit tetap dingin, dengan mandi atau memakai lotion khusus untuk biang keringat.
v Jangan menggaruk untuk mencegah luka dan infeksi pada kulit.
v Selalu menggunakan pakaian yang lembut dan dapat menyerap keringat.
v Perbaiki sirkulasi udara dan ventilasi rumah (Djunarko dan Hendrawati, 2011).

Pengobatan biang keringat dapat dilakukan dengan menggunakan bedak tabur atau lotion khusus biang keringat. Lotion atau bedak tabur biasanya mengandung calamine yang berfungsi untuk memberi sensasi dingin dan lembut pada kulit sehingga mengurangi rasa gatal dan bekerja sebagai anti bakteri untuk mencegah infeksi yang ditimbulkan karena garukan. Lotion atau bedak tabur juga mengandung menthol yang memberikan sensasi dingin pada kulit. Sediaan yang dapat digunakan adalah salicyl talk. Cara penggunaan bedak tabur dan lotion adalah dengan mengaplikasikan terlebih dahulu di tangan baru kemudian dioleskan pada daerah biang keringat dengan hati-hati dua kali sehari setiap habis mandi dan kulit sudah dikeringkan. Obat untuk biang keringat yang beredar dipasaran, antara lain : Bedak MinosÒ (bedak tabur), CaladineÒ (krim, lotion, dan bedak tabur), CaladrylÒ (lotion), CalamecÒ (lotion), dan CalarexÒ (lotion) (Djunarko dan Hendrawati, 2011).
Apabila keadaan memburuk setelah pemakaian produk, rendam atau hilangkan sisa produk dan hentikan pemakaian, kondisi harus membaik dalam 24 jam, apabila bertambah buruk atau tidak membaik dalam 7 hari maka konsultasikan ke dokter. Apabila terjadi demam gunakan analgesik-antipiretik seperti parasetamol dan untuk orang dewasa apabila gatal sangat mengganggu dapat digunakan oral antihistamin/antialergi seperti klorfeniramin maleat (Padron, 2006).

DAFTAR PUSTAKA

Direktorat Bina Farmasi Komunitas dan Klinik, 2006, Pedoman Penggunaan Obat Bebas dan Bebas Terbatas, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, pp. 44.
Djunarko, I., Hendrawati, D.Y., 2011, Swamedikasi yang Baik dan Benar, PT Citra Aji Parama, Yogyakarta, pp. 70-71.
Greer, K. E., 2009, Miliaria Rubra, Crystalline, Profunda,
http://www.cholinergicurticaria.net/cholinergic-urticaria-sweat-gland-obstruction-occlusion/ diakses pada tanggal 23 November 2014.
Knott, L., 2010, Miliaria, http://www.patient.co.uk/health/miliaria-prickly-heat-heat-rash, diakses pada tanggal 23 November 2014.
Levin, et al., 2012, Dermatologic Manifestation of Miliaria, http://www.medscape.com/ reference/dermatolgy/miliaria, diakses pada tanggal 23 November 2014.
Padron, V.A., 2006, Dermatologic Disorders, in Berardi, R., et al., Handbook of Nonprescription Drugs, 15th ed., section VIII, American Pharmacists Association, Washington DC, pp. 774-779.



1 komentar:

  1. ♥♦♣♠ PELANGI QQ ♠♣♦♥
    Mari Bergabung bersama kami di Pelangi Q Q (,) me
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!
    Segera Daftarkan diri Anda di PelangiQQ dan dapatkan Bonus yang sudah tersedia. Agen Poker Online Terpercaya dan Terbesar di Indonesia yang menggunakan Uang Asli.
    MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW Rp 25.000
    PelangiQQ Menyediakan 8 Permainan yang bisa di mainkan hanya dengan 1 User ID,yaitu:
    * Bandar66 (NEW GAME)
    * SAKONG
    * Poker
    * Domino99
    * Capsa susun
    * AduQ
    * BandarQ
    * Bandar Poker
    Keunggulan PELANGI Q Q :
    - PROSES DEPO & WD MUDAH TANPA RIBET
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI
    - DAN TENTUNYA DEPOSIT YG TERJANGKAU BOS!!(MINIMAL DEPO & WD 25RB)
    Nikmati juga HOT PROMO bersama kami:
    * BONUS TURNOVER 0.3% (DIBAGIKAN SETIAP 5 Hari 1x)
    * BONUS REFERRAL 15% (SEUMUR HIDUP)
    Tunggu apalagi bos!! langsung daftarkan diri anda di PELANGI Q Q
    Bagaimana cara mendaftar? SIMPEL bos!!
    cukup kunjungi kami PELANGI Q Q
    klik daftar dan daftarkan diri anda
    atau bisa juga hubungi kami melalui LiveChat dan BBM yang akan melayani Anda 24 jam nonstop.
    - SKYPE : PELANGIQQ
    - LINE : PELANGIQQ
    - FACEBOOK : PokerPelangiReborn
    - PIN BB : E37271BF
    - WhatssApp : 6281231804952
    Salam Sukses & Hoki
    PELANGIQQ

    BalasHapus