Kamis, 27 November 2014

PENGOBATAN MANDIRI PENYAKIT PILEK




Fransisca devi Permata, S.Farm dan Septi Martiani Pertiwi, S.Farm


Seperti yang kita ketahui, pengobatan mandiri adalah usaha untuk mengobati segala keluhan yang ada pada diri sendiri dengan obat-obat yang dapat dibeli bebas di apotek atas kemauan sendiri. Salah satu penyakit yang dapat ditangani dengan cara pengobatan mandiri yaitu pilek.


A.  PENGERTIAN
Pilek merupakan suatu gejala berupa gangguan pernafasan karena terjadi sumbatan pada hidung , bersin-bersin , dan dihasilkannya cairan encer atau kental (ingus atau lendir dari hidung) (Djunarko, 2011; Tan, 2010).

B.  TANDA-TANDA PILEK
Tanda-tanda dari pilek yang umum terjadi antara lain:
-          Bersin-bersin
-          Terjadi sumbatan pada hidung (hidung mampet)
-          Keluarnya cairan encer atau kental (ingus)
-          Mudah lelah atau kelelahan
-          Sakit tenggorokan
-          Biasanya disertai gejala lain, seperti batuk dan demam (Puspitasari, 2010).

C.  PENYEBAB PILEK
Seperti halnya batuk, pilek juga merupakan pertanda bahwa ada benda asing yang masuk ke saluran pernafasan sehingga tubuh berusaha mengeluarkannya dengan bersin dan menghasilkan banyak lendir atau ingus. Selain itu, jika pilek disebabkan oleh alergi terhadap sesuatu atau karena radang, akan terjadi pelebaran pembuluh darah disekitar hidung. Hal inilah yang dinamakan hidung tersumbat (Aziz, 2005; Tan, 2010). Beberapa hal berikut yang mungkin menyebabkan pilek.
·         Reaksi alergi : reaksi ini lebih sering terjadi pada anak-anak dan semakin berkurang dengan bertambahnya umur. Alergi dapat terjadi karena adanya paparan dengan alergen (debu, bulu binatang, cuaca dingin, asap, debu dan lain-lain) dan daya tahan tubuh menurun.
·         Infeksi sinus, misalnya influenza, demam (Aziz, 2005).

D.  PENGOBATAN
-          Antihistamin
          Antihistamin adalah golongan obat yang berfungsi sebagai antialergi. Antihistamin sering ditambahkan pada obat pilek, fungsinya untuk menghilangkan reaksi tubuh apabila tubuh mengalami atau menghirup sesuatu yang menimbulkan alergi.
Contoh :
a.    CTM (klorafeniramin maleat / Klortrimeton )
·         Dosis CTM sekali minum untuk dewasa adalah 2-4 mg, 3-4 kali sehari, untuk anak 6-12 tahun 1-2mg , dan untuk anak dibawah 6 tahun atas petunjuk dokter (Djunarko, 2011).
b.   Tripolidin HCl.
·         Dosis tripolidin sekali minum untuk dewasa adalah 2,5 mg, anak 6-12 tahun 1,25mg , anak 4-6 tahun 0,9mg , anak 2-4 tahun 0,6 mg , dan anak dibawah 2 tahun maksimum 0,3 mg atau atas petunjuk dokter (Djunarko, 2011).
Efek samping : Menyebabkan kantuk,  pusing,  gangguan sekresi saluran napas,  mual, muntah.
Hal yang perlu diperhatikan :
1.   Hati-hati atau minta saran dokter pada penderita glukaoma dan hipertropi prostat
2.   Jangan minum obat jenis ini bila akan mengemudikan kendaraan (Aziz, 2005).

-          Pseudoefedrin
          Pseudoefedrin bekerja dengan mengecilkan pembuluh darah disekitar hidung sehingga dapat melegakan hidung yang tersumbat.
Dosis pseudoefedrin yang dapat dibeli tanpa resep untuk dewasa 30 mg , untuk anak 6-12 tahun 15 mg, dan untuk anak 2-6 tahun 7,5 mg, diminum 3-4 x sehari apabila pilek dan hidung tersumbat. Banyak merk dagang dengan kandungan pseudoefedrin tersedia dalam bentuk tablet dan sirup dengan nama yang sama, tetapi kandungannya berbeda.
          Sirup umumnya mengandung 30 mg pseudoefedrin per 5 ml sehingga boleh dibeli tanpa resep, sementara tablet tersedia dengan kandungan 30 mg dan 60 mg. Hanya tablet tersedia dengan kandungan 30 mg yang boleh dibeli tanpa resep dokter. Untuk bentuk sirop, dosis yang digunakan untuk dewasa adalah 10 ml , untuk anak 6-12 tahun 2,5-5 ml, dan untuk anak 2-6 tahun 1.25-2,5 ml, diminum 3-4 x sehari apabila perlu.
Hal yang  perlu diperhatikan : Pseudoefedrin harus digunakan dengan hati-hati pada orang yang mempunyai riwayat atau menderita penyakit tekanan darah tinggi, karena pseudoefedrin dapat menaikkan tekanan darah.
Obat dengan kandungan bahan aktif pseudoefedrin yang beredar di pasaran, antara lain sebagai berikut :
          Nasamex®, Trifedrin®, Valved®, Actifed® sirop, Alco®, Alerfed® sirop, Disudrin®, Lapifed® sirop, Librofed®, Mecafed® sirop, Nafarin®, Protifed®, Quantidex®, Rhinos Neo®, Tremenza® sirop, dan Zentra® sirop.

-          Fenilpropanolamin (PPA)
          Fenilpropanolamin bekerja dengan cara yang sama dengan pseudefedrin, yakni mengecilkan pembuluh darah disekitar hidung sehingga hidung yang semula tersumbat dapat lega kembali . Hanya saja , efek fenilpropanolamin lebih luas sehinga efek samping berupa kenaikan tekanan darah apabila digunakan tidak hati-hati lebih besar.
Dosis fenilpropanolamin untuk dewasa maksimum 15 mg dan untuk anak 6-12 tahun maksimum 7,5 mg, diminum 3-4 x sehari apabila perlu.
Efek samping : penghambat nafsu makan, stroke hingga pecahnya pembuluh darah pada pemakaian >100mg. Namun,  di Indonesia, untuk mengurangi resiko timbulnya efek samping tersebut produsen obat flu melakukan penurunan dosis obat hingga 12,5-25 mg atau mengganti dengan pseudoefedrin (Puspitasari, 2010).
Hal yang perlu diperhatikan : penderita tekanan darah tinggi dan anak dibawah 6 tahun sebaiknya tidak menggunakan obat dengan kandungan fenilpropanolamin.
Obat dengan kandungan bahan aktif fenilpropanolamin yang beredar di pasaran, antara lain sebagai berikut : Decotan® dan Nalgestan® .
-          Oksimetazolin
          Oksimetazolin termasuk obat dekongestan nasal , artinya obat ini menghilangkan sumbatan pada hidung dengan diberikan langsung dihidung , yakni dengan cara diteteskan (Djunarko, 2011).
Dosis oksimetazolin untuk dewasa dan anak di atas 6 tahun adalah 2-3 tetes/semprot oksimetazolin 0,05% untuk setiap lubang hidung , digunakan maksimum 2x sehari (pagi dan malam) (Aziz, 2005; Djunarko, 2011).
Efek samping yang ditimbulkan jika menggunakan oksimetazolin , antara lain rasa tidak nyaman pada hidung , rasa terbakar , kering , sakit kepala , dan sulit tidur (Aziz, 2005; Djunarko, 2011).
Hal yang harus diperhatikan :
·         Hati-hati atau  minta saran dokter untuk penderita diabetes karena dapat meningkatkan gula darah.
·         Hati-hati atau minta saran dokter untuk penderita tiroid, hipertensi, gangguan jantung, dan penderita yang menggunakan antidepresi.
·         Anak dibawah usia 6 tahun dan wanita hamil trimester pertama tidak boleh menggunakan oksimetazolin (Aziz, 2005).
Obat dengan kandungan bahan aktif oksimetazolin yang beredar di pasaran, antara lain sebagai berikut : Afrin® dan Iliadin®.

E.  SARAN
-          Pilek akibat alergi dapat dicegah dengan menghindari allergen (debu, asap, dan lain-lain).
-          Minum air putih sebanyak-banyaknya, minimal 8 gelas per hari (+ 2 L).
-          Mengonsumsi makan-makanan bergizi, buah, atau suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
-          Usahakan untuk banyak beristirahat dan selalu dalam keadaan hangat dan nyaman.
-          Penghirupan uap panas
Cara sederhana namun efektif untuk meringankan hidung tersumbat adalah menghirup uap panas 1-2 kali sehari, caranya yaitu menuangkan ± 1,5 L air mendidih dalam bejana, lalu kepala diselubungi handuk ditundukkan ±15 cm di atas air, kemudian uap air dihisap dengan hati-hati secara lebih mendalam selama ±10 menit. Penghirupan uap air panas atau uap air panas juga dapatditambahkan beberapa tetes minyak atsiri (menthol, minyak kayu putih atau minyak lemon). Zat atsiri berdaya melebarkan pembuluh –pembuluh kecil di mukosa dan membantu  melegakan atau meringankan rasa sesak di dada dan penyumbatan hidung.
-          Tutup dengan tisu atau saputangan apabila bersin, untuk mengurangi kemungkinan menularnya kuman/virus/bakteri.
-          Menggunakan minyak kayu putih atau minyak aromaterapi untuk dioleskan pada dada, leher atau punggung. Bagi anak berusia di bawah 3 tahun sebaiknya jangan menggunakan mentol atau salep karena dapat menimbulkan rasa sesak napas dan kejang pada bagian tenggorok.
-          Larutan garam dapur (garam fisiologis 0,9%)
Larutan garam dapur (garam fisologis 0,9%) dapat mengencerkan ingus yang kental disamping melegakan hidung yang mampat (Aziz, 2005, Djunarko, 2011; Puspitasari, 2010).

F.  HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN
 1. Untuk pengobatan mandiri anda dapat mengkonsultasikan keluhan penyakit anda kepada Apoteker di Apotek anda membeli, anda berhak mendapatkan informasi yang tepat dan benar dari Apoteker tempat anda membeli obat untuk memastikan bahwa pilihan terapi yang anda pilih untuk menangani penyakit anda sudah benar. Hal ini penting di perhatikan untuk mencegah penggunaan obat kurang tepat, terlalu lama, atau dalam dosis yang terlalu besar. Yakin dan percayalah bahwa Apoteker dapat membantu penanganan penyakit anda. Sehingga sangat disarankan untuk membeli obat di Apotek, karena disanalah anda dapat mendapatkan informasi yang tepat dan benar. J
 
2.   Penderita disarankan ke dokter apabila ;
-            Pilek tidak sembuh dalam 3 hari dan
-            Pilek sering kambuh (lebih dari sekali dalam sebulan) (Aziz, 2005).


G.  DAFTAR PUSTAKA
-          Aziz, Sriana, 2005, Kembali Sehat dengan Obat, Pustaka Populer Obor, Jakarta, pp. 28-33
-         Djunarko, Ipang dan Y. Dian Hendrawati , 2011 , Buku Swamedikasi yang Baik dan Benar, Yogyakarta, Penerbit Bintang Pustaka , pp. 38-41
-         Puspitasari, Ika, 2010, Jadi Dokter untuk Diri Sendiri, 2010, PT. Bintang Pustaka, Yogyakarta, pp.19-20
-          Tan, H., 2010, Obat-obat Sederhana untuk Gangguan Sehari-hari, Elex Media komputindo, Jakarta, PP. 115, 120-121



Tidak ada komentar:

Posting Komentar